31/03/15

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Advertisement
Hampir setiap pengguna komputer telah mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem operasi (operating system atau OS). Namun ada juga yang sudah lama ‘berteman’ dengan komputer tapi tidak mengerti betul apa itu yang dimaksud dengan sistem operasi.

Sistem operasi dalam bahasa inggris adalah operating system atau disingkat menjadi OS, adalah sejenis perangkat lunak (software) yang memiliki tugas untuk melakukan manajemen dan kontrol kepada perangkat keras dan juga operasi dasar system.

Termasuk didalamnya adalah menjalankan software aplikasi seperti program multimedia, program pengolah data, program pengolah kata dan sebagainya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Sistem operasi pada komputer merupakan perangkat lunak yang terdapat pada lapisan pertama yang terlerak pada hardware komputer, dan sistem operasi ini akan otomatis berjalan seketia itu juga saat komputer dinyalakan. Sedangkan software lainnya baru akan dapat berjalan setelah sistem operasi yang ada pada komputer telah berjalan.

Pengertian Definisi Sistem Operasi pada Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer
Gambar Sistem Operasi Komputer

Dan pada umumnya sistem operasi adalah sebuah sistem yang bertugas untuk melayani software-software tersebut. Layanan inti umum tersebut dapat berupa manajemen memori, akses ke disk, penjadwalan task, dan lain-lain yang umumnya harus dilakuka sendiri oleh software.

Namun dengan adanya sistem operasi pada komputer ini masing-masing software tidak perlu lagi melakukan hal rumit semacam itu karena telah diselesaikan oleh sistem operasi. Untuk melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dilakukan oleh sebuah kode yang sering disebut dengan sebutan “Karnel” suatu sistem operasi komputer.

Suatu fungsi lain dari sistem operasi adalah sebagai penghubung anatara lapisan software dengan lapisan hardware. Selain itu, berbagai perintah penting yang terdapat pada komputer juga telah dilakukan oleh sistem operasi, serta menjamin berbagai multifungsi aplikasi yang tetap dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan walaupun dijalankan secara bersamaan.

Jika terdapat beberapa aplikasi yang dapat berjalan secara bersamaan, maka tugas sistem operasi selanjutnya adalah mengatur jadwal yang tepat, sehingga memunginkan seluruh proses yang terdapat pada komputer dapat berjalan dengan waktu yang cukup tanpa harus mengganggu perangkat lain.

Adapun contoh dari sistem operasi pada komputer adalah:

  • Windows 7
  • MacOS
  • Windows Vista
  • Ubuntu

Bagaimana? Lewat uraian singkat ini pasti telah membuat kitalebih mengenal mengenai sistem operasi pada komputer bukan? Memang yang teruraikan disini hanyalah pengertian sistem operasi pada komputer secara garis besar saja.

Apabila belum merasa puas kita dapat mencari berbagai referensi lain yang akan menambah pengetahuan kita, oleh karena itu jangan berhenti belajar sampai disini, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Artikelnya keren gan.. Jangan lupa kunungi juga ya
    https://mirandarosadi85.wordpress.com/2015/04/14/macam-macam-rak-buku-unik-pelengkap-arsitektur-rumah/

    BalasHapus
  2. nice post,

    kunjungi juga blog saya di http://systemkj1231049.blogspot.com/

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks