03/04/15

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dasar-dasar Jaringan Komputer

Advertisement
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer, beserta perangkat tambahan lainnya yang dibuat agar menjadi dapat saling terhubung satu sama lain. Informasi maupun data dapat bergerak melalui media kabel maupun tanpa kabel (nirkabel).

Hal tersebut memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar data/informasi, menggunakan sumber daya, berkomunikasi, dan juga menggunakan software maupun hardware yang saling terhubung dengan jaringan secara bersamaan.

Untuk dapat membuat jaringan komputer yang terdiri dari 2 komputer kita dapat menggunakan kabel sebagai media penghubung antar komputer, sedangkan apabila kita menginginkan untuk menggabungkan lebih dari 2 komputer maka kita memerlukan sebuah perangkat tambahan berupa Switch/HUB.

Macam-macam Jaringan Komputer Menurut Jangkauannya

dasar jaringan komputer
Gambar Dasar Jaringan Komputer

Local Area Network (LAN)

LAN merupakan sebuah jaringan yang terbatas dalam skala jangkauan yang relatif sempit. LAN pada umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa Komputer dalam sebuah wilayah lockal seperti Jaringan LAN di sebuah warnet, perpustakaan, lab sekolah, dan biasanya skala jangkauannya tidak mencapai lebih dari 1 km persegi.

Dalam sebuah jaringan LAN pada umumnya menggunakan sebuah metode client-server, yaitu sebuah metode dimana kita menggunakan satu komputer yang kita anggap memiliki kemampuan yang mengungguli komputer lainnya yang dijadikan sebagai server untuk melakukan pelayanan berupa data, informasi, dan lain-lain kepada komputer client atau pengguna.

Dalam sebuah jaringan LAN sekumpulan komputer yang saling terhubung disebut workstation. Kemampuan komputer yang menjadi anggota workstation tidaklah mengungguli kemampuan komputer pada server. Media transmisi atau penghubung antar komputer biasanya berupa kabel.

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan komputer yang memiliki skala jangkauan yang melebihi LAN. MAN biasanya adalah sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa Komputer dalam sebuah jaringan kecil yang kemudian dihubungkan kedalam jaringan komputer yang ada pada daerah lainnya.

Maka terbentuklah jaringan komputer dengan lingkup yang lebih besar, misalnya wilayah antar provinsi. Sebagai contoh jaringan komputer kecil yang terdapat pada kantor cabang di sebuah bank dapat saling terhubung dengan kantor cabang yang berada di daerah lain, entah kota maupun provinsi.

Wide Area Network (WAN)

WAN merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan daerah geografis yang sangatlah luas, yaitu dapat mencakup negara maupun benua dimana pengguna di negara yang satu dapat saling terhubung dengan pengguna yang ada pada negara lain. WAN sering kali kita dengan dengan sebutan internet.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai dasar-dasar jaringan komputer yang baru kita bahas sebagian dari keseluruhan dasar-dasar jaringan komputer. Semoga dengan adanya tulisan yang sederhana ini dapat menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks