07/04/15

Mari Mengenal Jenis Virus Komputer

Advertisement
Virus komputer adalah sebuah program nakal yang sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai tujuan yang sering dijadikan alasan bagi si pembuat. Virus pada komputer sering kali meresahkan berbagai pengguna komputer.

Virus yang terdapat di dalam sebuah komputer memiliki kemampuan untuk membelah diri menjadi jumlah yang berlipat ganda, dengan cara ini virus dapat terus menyebar hingga ke seluruh bagian komputer. Ada virus yang hanya menyebabkan gangguan kecil, namun banyak pula virus yang dapat menyebabkan kerusakan yang sangat fatal bagi komputer.

Ada beberapa jenis virus komputer yang perlu kita ketahui untuk dapat meningkatkan kewaspadaan kita. Jenis virus dapat digolongkan menurut jenis file yang diinfeksi, jenis kerusakan, skala kerusakan dan lainnya, berikut adalah sebagian jenis virus komputer yang dapat menambah pengetahuan kita;

Jenis-jenis Virus Komputer

jenis virus komputer
Gambar Jenis Virus Komputer

Memory Resident Virus
Virus ini pada umumnya bersembunyi dalam sebuah RAM. Akibat yang ditimbulkan oleh virus ini adalah file atau program dapat mengalami kerusakan saat dibuka, ditutup, digandakan, maupun diubah namanya. Apabila setiap kali OS berjalan maka virus ini akan otomatis aktif dengan sendirinya.

Jenis virus ini bersembunyi dalam RAM dan tinggal di sana bahkan setelah kode berbahaya dijalankan. Contoh virus ini adalah Randex, CMJ, Meve dan lain-lain. Untuk meminimalisir serangan virus ini adalah dengan menginstall antivirus.

Overwrite Viruses
File jenis ini dapat menimbulkan informasi yang terdapat dalam file yang terinfeksi akan berubah isinya tanpa berubah ukuran file yang terinfeksi. Dengan kata lain virus ini akan menghapus informasi yang terdapat dalam sebuah file yang terinfeksi oleh virus yang satu ini.

Contoh virusnya adalah; Way, Trivial.88.D, Trj.Reboot dan sebagainya. Salah satunya cara untuk dapat mengatasi virus ini adalah dengan menghapus data yang telah terinfeksi oleh virus ini. Virus jenis ini menghapus informasi dalam file yang terinfeksi.

Multipartite Virus
Virus ini bersembunyi di dalam sebuah memori pada komputer dan kemudian akan menginfeksi harddisk. Virus ini dapat menyebar dengan melalui berbagai cara tergantung pada sistem operasi yang terpasang pada komputer dan adanya file tertentu.

Contoh dari virus ini adalah tequila, flip, invader dan sebagainya. Cara mengatasi virus sejenis ini adalah dengan membersihkan sektor boot dan juga disk untuk membersihkan virus ini. Setelah dirasa aman maka kita dapat mengembalikan data yang terdapat di dalamnya.

Worms
Worms merupakan program yang sangat mirip dengan virus, memiliki kemampuan untuk menyebabkan berbagai efek negatif dalam sebuah sistem komputer. Meskipun begitu mirip dengan file pada umunya namun keberadaan virus worms dapat terdeteksi dan diatasi dengan software antivirus.

Virus worms pada umunya menyebar melalui jaringan komputer. Mereka tidak menginfeksi maupun merusak suatu file, namun mereka dapat berkembang biak dengan sangat cepat sehingga menyebabkan keruntuhan jaringan secara menyeluruh.

Contoh dari virus ini adalah Lovgate.F, Trile.C, Mapson , dan masih banyak kawan lainnya. Cara proteksi dari virus ini adalah dengan menginstal antivirus terbaru.

Trojans
Trojan atau Trojan horse adalah sebuah kode berbahaya yang tidak terlihat seperti sebuah virus, tidak memproduksi maupun tidak menginfeksi. Namun trojan adalah sebuah virus yang menyamar sebagai aplikasi yang nampak berguna tetapi sebenarnya sangatlah merugikan. Cara proteksi adalah menggunakan antivirus.

Selain itu, masih terdapat banyak jenis virus komputer yang memiliki potensi untuk menginfeksi dan merusak sebuah data pada komputer. Oleh karena itu maka kita harus melindungi dari bahaya virus dengan cara menginstall perangkat lunak antivirus yang bermutu tinggi dan tentunya adalah software yang asli.

Selain itu kita juga dapat mencegah terjangkitnya serangan virus dengan cara jangan sembarangan mengunduh data dari berbagai situs yang menyediakan pelayanan download secara gratis. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. saya mengalami memory resident virus dan saya telah memasang smadav malah tambah parah,ini gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah virus, malware dll, solusi pertama biasa yang sering saya pake, update antivirus, kalau virus dr luar bisa pake smadav atau pcmav, kalau luar bisa pake eset atau kasperski, jika virus sudah terlalu parah, maka biasanya sya pake system restore, misal sistem restore sndiri tidak bisa saya repair dengan cd windows.

      Mungkin itu jawaban saya..
      Semoga membantu..

      Hapus

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks