19/06/15

Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Advertisement
Sistem komputer merupakan hal mutlak yang harus ada dalam sebuah perangkat komputer. Dalam sistem tersebut dikendalikan oleh beberapa perangkat yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja secara sinergis antara satu perangkat dengan perangkat yang lain sehingga menciptakan sebuah kinerja komputer yang baik dan optimal. Beberapa hal terkait pengertian sistem komputer sekaligus rincian komponen-komponen yang ada dalam sistem tersebut dapat Anda simak di ulasan berikut ini.

Sistem komputer adalah sistem yang bekerja secara fungsional dalam sebuah kinerja komputer. Beberapa perangkat terdapat dalam sebuah sistem komputer yang dibutuhkan untuk mendukung satu sama lain. Perangkat-perangkat dalam sistem komputer tersebut antara lain: set instruksi (instruction set), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan pengguna (brainware) komputer. Masing-masing perangkat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, dalam pengoperasianya perangkat-perangkat tadi bekerja secara bersamaan dengan saling mendukung. Oleh sebab itu, komputer diartikan bukan saja sebuah alat, melainkan sebuah sistem yang terdiri atas beberapa perangkat pendukung.
sistem komputer

Logikanya, apabila perangkat keras (hardware) bekerja tanpa perangkat lunak (software) ataupun penggunanya sendiri (brainware) maka kinerja dari perangkat keras tadi tidak berarti apa-apa. Pun, komputer juga tidak akan berfungsi apabila tidak diaktifkan oleh manusia sebagai pemegang peran brainware, bukan? Nah, dari contoh-contoh tadi dapat diambil sebuah intisari yang tertulis: Dalam sebuah komputer memang terdapat sistem yang mengharuskan seluruh perangkat sebagaimana penulis sebutkan tadi di awal bekerja secara sinergis antara satu dengan yang lain.

Sampai di sini, apakah Anda sudah paham tentang apa yang dimaksud dengan sistem komputer? Jika sudah, yuk mari kita simak ulasan berikutnya yang penulis sajikan untuk Anda dengan bahasan komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah sistem komputer.

Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi dalam tiga (3) aspek, yaitu:

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras atau dalam bahasa asing disebut hardware ini memiliki arti sebagai perangkat dalam sebuah komputer yang wujudnya terlihat dan berbentuk fisik. Beberapa contoh perangkat keras antara lain: prosesor, motherboard, power supply, harddisk dan masih banyak lagi. Dalam perangkat keras sendiri masih dibagi menjadi empat (4) golongan, yaitu perangkat pemroses, perangkat input, perangkat output, dan perangkat penyimpanan data.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak yang memiliki istilah asing software ini merupakan perangkat yang bekerja dalam konteks pemrograman. Dalam artian, perangkat lunak ini tidak berbentuk fisik seperti hardware. Perangkat lunak hanyalah sebuah program tak terlihat dalam sebuah komputer. Contoh komponen dari perangkat lunak adalah sistem operasi, aplikasi dan bahasa.

Manusia sebagai Pengguna (Brainware)

Untuk istilah ini, penulis rasa Anda sudah paham. Ya, brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer yang memiliki andil dalam sebuah sistem komputer. Mengapa demikian? Sebab, apabila komputer tidak dioperasikan sama sekali oleh manusia, sama saja tidak berfungsi bukan? Mungkin pertanyaan tersebut sudah menjawab pengertian brainware secara keseluruhan. (Baca juga tentang: Jaringan Komputer Adalah)

1 komentar:

  1. sebelumnya makasih...
    tapi mau nanya,, gambarnya gak ada yah.??

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks