15/06/15

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasi

Advertisement
Komputerrestart sendiri kerapkali ditimbulkan oleh beberapa faktor. Baik itu dari segi hardware ataupun software. Biasanya, ada gangguan pada perangkat komputer identik dengan masalah usia. Pun, penggunaan yang tidak benar lama kelamaan juga akan mengakibatkan komputer mengalami gangguan semacam melakukan restart tanpa sebab.
Dengan demikian, perlu Anda telusuri apa saja yang menyebabkan komputer restart sendiri, lalu bagaimana cara mengatasinya. Penulis akan menyajikan informasi menarik terkait kiat-kiat memperbaiki komputer restart sendiri lengkap dengan analisis penyebabnya. Berikut ulasannya, Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri:
solusi komputer restart sendiri

a. Prosesor cepat panas

Prosesor komputer yang terletak di dalam CPU dapat mengalami gangguan cepat panas. Suhu yang kian melonjak pada prosesor tersebut akan mengakibatkan komputer bekerja secara tidak stabil. Kinerja menurun sehingga terkadang komputer melakukan restart dengan sendirinya.
Cara mengatasi prosesor yang cepat panas cukup sederhana. Anda dapat mengecek bagian kipas dalam CPU, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Pastikan bahwa kipas tadi berputar secara cepat, jika kenyataannya lambat maka dapat menyemprotkan bahan anti karat pada bagian dinamo kipas. Pada sirip kipas, pastikan bahwa tidak ada debu menempel, sebab debu dalam sirip kipas dapat meningkatkan temperatur (suhu).

b. Daya power supply menurun

Power supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi menyuplai tegangan ke komputer. Logikanya, apabila daya power supply menurun maka akan mengakibatkan komputer tidak mendapatkan tegangan yang cukup sehingga kemungkinan besar restart sendiri.

Solusinya, Anda dapat mengganti perangkat power supply dengan daya 500 watt.

c. VGA komputer mengalami kerusakan

VGA pada komputer juga dapat menimbulkan pengaruh terhadap komputer yang sering restart sendiri. Apabila jenis VGA komputer Anda terdapat kipasnya, maka kemungkinan besar kipas tersebut melambat perputarannya dikarenakan kotoran debu. Untuk itu Anda dapat membersihkan bagian sela-sela kipas VGA tadi.

d. Harddisk komputer bermasalah

Harddisk komputer yang mengalami kerusakan atau kerap disebut bad sector juga akan mempengaruhi kinerja komputer. Kemungkinan besar, komputer dapat me-restart sendiri dikarenakan harddisk tidak dapat maksimal membaca program dan data yang dijalankan.

Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan terhadap perangkat hardisk komputer. Anda dapat melakukan defragment pada harddisk untuk memperbaikinya.

e. Lonjakan listrik yang tidak semestinya

Lonjakan listrik yang tiba-tiba terjadi ketika mengoperasikan komputer dapat menyebabkan komputer restart sendiri. Solusinya, Anda dapat mempergunakan stavolt sebagai penyeimbang tegangan listrik dan mencegah adanya lonjakan yang tidak semestinya. (Baca juga tentang: Cara Mengganti Tema Komputer Windows 7)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks