08/07/15

Penemu Komputer Pertama Kali di Dunia

Advertisement
Penemu komputer pertama kali? Mungkin banyak yang bertanya-tanya, siapa sih sebenarnya? Komputer jika dilihat dari perkembangannya memang sangat cepat. Pada dasarnya, komputer terbagi dalam lima generasi.

Masing-masing generasi ditemukan pada tahun yang berbeda, serta orang yang berbeda pula. Namun yang jelas, cikal bakal komputer ditemukan oleh Charles Babbage. Seorang pakar matematik itu berhasil menemukan sebuah mesin hitung yang disebut komputer pada tahun 1822.

Pada waktu itu, Charles berhasil menemukan perangkat elektronik yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan matematika yang rumit. Belum selesai dituntaskan, alat ini pun dimuseumkan di London Museum of Science.

Dari sinilah cikal bakal terciptanya perangkat komputer yang kini memegang peranan penting dalam menunjang aktivitas manusia sehari-hari.

Tahun 1937 terciptalah mesin hitung dengan menggunakan teknologi komputer digital elektronik pertama di dunia. Adalah Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry yang melakukan kolaborasi pada waktu itu. Mesin hitung ini pun dinamakan ABC yang memiliki kepanjangan Atanasoff-Berry Computer. Operasi yang dapat dilakukan dalam komputer ciptaan mereka hanya penjumlahan dan pengurangan.

Berlanjut ke tahun 1943, seorang ilmuwan Inggris bernama Alan Turing berhasil menciptakan alat elektronik dengan teknologi digital. Alat tersebut dibuat untuk menjajal menerobos kode pertahanan Jerman pada Perang Dunia II. Kemudian pada 1945, giliran Dr. John von Neumann menuliskan sebuah konsep penyimpanan yang pada waktu itu hanya sebatas ide.

Satu tahun berikutnya, Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. mencoba menciptakan komputer dalam skala besar pertama di dunia. Percobaan sekaligus penciptaan ini pun dikenal dengan istilah ENIAC (Electronic  Numerical Integrator And Computer). Nah, pada masa ini lah mereka berdua dianggap oleh masyarakat internasional sebagai penemu komputer pertama di dunia.

Selebihnya, ENIAC memiliki bobot sekitar 30 ton yang terdiri atas 18 ribu tabung lampu berupa transistor berukuran besar. ENIAC yang dioperasikan pada skala besar ini pun memiliki luas berukuran 30 kaki × 50 kaki. Untuk sumber tenaga, komputer ini menggunakan daya sebesar 160 ribu watt. Pertama kali dinyalakan, tepatnya pada saat percobaan komputer ini pun mendadak mati.

ENIAC bukanlah alat hitung elektronik yang hanya dapat beroperasi pada penjumlahan dan pengurangan. Mauchly dan Presper mencoba mengembangkan teknologi yang digunakan sehingga mampu menjalankan program-program sederhana. Secara resmi kemudian dunia menganggap penemuan kedua ilmuwan ini sebagai komputer pertama di dunia.

Kemudian tahun 1947 ada sedikit perkembangan yang dilakukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Pengembangan itu diwujudkan dalam sebuah alat bernamakan transistor. Nah, transistor yang berhasil ditemukan tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil.

Oleh sebab itulah perkembangan komputer di tahun berikutnya dapat berukuran lebih kecil dibandingkan komputer pertama sebelumnya.

Itulah beberapa hal terkait dengan penjelasan tentang penemu komputer pertama. Penulis berharap anda pun dapat mengetahui betul siapa penemu komputer pertama kali di dunia yang sebenarnya, mengingat ada banyak sekali versi yang dilontarkan oleh berbagai instansi. Sekian, semoga bermanfaat. (Baca juga artikel lainnya: Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks