26/06/16

Mengenal Teknologi Printer 3d

Advertisement
Apa itu Printer 3D? dan bagaimana cara prinsip dan kerjanya? Tentunya bagi para pembaca yang baru saja mendengar tentang sitilah teknologi printer 3d masih bertanya-tanya mengenai apakah hal itu? Bagi anda yang tidak terlalu mengetahui tentang dunia teknologi tentunya anda akan merasa hal ini asing. Oleh karena itu di dalam artikel ini akan di sajikan informasi mengenai teknologi printer 3d untuk anda.

Pengertian dan Sejarah Printer 3D
teknologi printer 3d juga di kenal sebagai teknologi yang di sebut juga dengan Additive Layer Manufacturing merupakan sebuah proses yang di lakukan untuk membuat objek menjadi padat atau di sebut juga dengan 3 dimensi dalam model model digital. Adapun untuk cara kerjanya sebenarnya sama dengan printer laser. Pada mulanya printer 3D di kenalkan secara komersial pada tahun 2010. Sedangkan untuk sejarahnya, pada mulanya printer ini di buat pertama kali oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp tahun 1984 sehingga sejak saat itu teknologi 3D ini semakin berkembang secara luas hingga sekarang.
teknologi terbaru printer 3D

Jenis-jenis teknologi printer 3d
Adapun untuk jenis teknologi printer 3dyang pertama di sebut juga dengan Direct And Binder Printer 3D. adapun jenis teknologi ini memiliki mekanisme kerja yaitu dengan menggunakan teknologi yang di sebut dengan inkjet. Adapun injet teknologi ini sebenarnya sudah ada yaitu sejak tahun 1960 ketika masih di gunakannya jenis printer 2D. adapun untuk cara kerjanya sebenarnya juga hampir sama dengan printer 2D yaitu inkjet bergerak maju dan mundur mengeluarkan cairan. Yang menjadi perbedaanya hanyalah 3D bekerja secara vertical sedangkan 2D bekerja maju mundur secara horizontal.

Untuk jenis teknologi printer 3d yang kedua adalah teknologi printer 3d dengan jenis binder dimana proses kerjanya yaitu menggunakan nozel inkjet yang berfungsi untuk dapat menuangkan cairan yang berfungsi untuk dapat membentuk setiap lapisan di dalamnya. Namun hal ini tentunya juga memiliki perbedaan apabila di bandingkan dengan printer jenis direct, karena untuk printer jenis binder ini, untuk dapat melakukan pencetakan, maka akan menggunakan dua jenis bahan terpisah yaitu berupa bubuk yang kering dan juga lem cair. Dengan jenis mekanisme kerja ini, maka untuk pertamanya bubuk kering akan di tuang dan beri lem agar terikat dan begitulah sampai prosesnya selesai. (Baca: Komputer Mini Ram 4gb Yang Bagus Dengan Kinerja Mumpuni)

Untuk teknologi printer 3d yang selanjutnya adalah Printer 3D jenis sintering yang dimana di dalam proses kerjanya menggunakan partikel yang padat untuk diberikan di dalam proses penyinaran. Untuk proses ini disebut juga dengan Selective laser sintering (SLS) yaitu sebuah proses printer 3D yang cara bekerjanya menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk dapat mencairkan bubuk plastik untuk mencair dan kemudian akan membeku kembali untuk membentuk lapisan untuk dapat di cetak. Adapun untuk teknologi printer 3d jenis sintering sangatlah kompatibel dengan baik untuk dapat mencetak benda-benda yang terbuat dari logam.  (Baca juga teknologi lainnya: Tentang Perangkat Konsol Xbox)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks