25/01/17

Masalah Keamanan Dalam Sistem Informasi

Advertisement
Keamanan dalam sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat penting. Keamanan yang dimaksud artikel di sini untuk menjaga suatu sistem dari ganguan dan ancaman dari luar. Gangguan dan ancaman yang dapat mengancam sistem informasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman yang bersifat pasif dan ancaman dan gangguan yang berasal dari kejadian alam yang tidak disengaja. Misalnya bencana alam, gangguan politik, dan kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja oleh manusia, seperti kesalahan kesalahan input data, dan lain sebagainya. Sedangkan ancaman yang bersifat aktif adalah ancaman yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan merusak atau membuat sistem menjadi terhambat tidak jalan dengan semestinya. Misalnya kecurangan dan kejahatan dunia maya.

Bencana alam merupakan ancaman yang tidk terduga dan tidak dapat dihindari. Biasanya bencana alam ini dapat mengancam keseluruhan sistem yang ada. Banjir, kebakaran, gempa bumi, dan badai topan dapat menghancurkan sumber daya pendukung sistem informasi dalam waktu singkat.

Selain itu, kesalahan yang ditimbulkan karena operator yang lalai dalam menginputkan data, melakukan pengeditan data dan penghapusan data merupakan masalah yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesalahan tersebut sangat krusial bagi keakurasian informasi yang dihasilkan oleh sistem. Dan tentu saja hal ini dapat memengaruhi kualitas keputusan yang dihasilkan.

pengertian keamanan sistem


Ancaman yang bersifat pasif lainnya adalah kegagalan sistem. Kegagalan sistem yang dimaksud adalah tidak dapat berjalan dengan tujuan semula. Hal ini dapat diakibatkan oleh gangguan listrik, kerusakan perangkat keras dan perangkat lunak, transaksi yang kurang lengkap, dan lain-lain.

Ancaman terhadap sistem informasi yang paling berbahaya adalah kejahatan komputer dilakukan dunia maya. Sistem informasi menjadi hal yang sangat rawan terhadap kejahatan yang terjadi di dunia maya tersebut. Kejahatan dunia maya adalah ancaman yang berkembang di dalam masyarakat yang diakibatkan oleh tindakan yang tidak bertanggung jawab dari para individual yang mengambil keuntungan dari pemanfaatan komputer dan teknologi informasi lainnya tanpa memerhatikan pihak-pihak yang dirugikan. 

Sumber: Buku Sistem Informasi dan Konsep Aplikasi
Penulis: Agus Mulyanto

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks