21/04/17

Tutorial Tentang Internet, Intranet dan Ekstranet

Advertisement
Perkembangan internet telah membawa perubahan signifikan dalam teknologi informasi, hal ini terlihat nyata dengan hadirnya aplikasi-aplikasi berbasis web yang mampu mempermudah pengguna internet untuk melakukan komunikasi data dengan pengguna lain. Jika sebelumnya komunikasi dilakukan secara sederhana, saat ini komunikasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Pemanfaatan internet semakin meluas seiring dengan banyaknya bisnis, organisasi, komputer dan jaringan jaringan yang tergabung dalam web global dengan menggunakan jaringan ini, sebuah organisasi dapat melakukan pertukaran informasi internal maupun informasi eksternal dengan organisasi lain. Secara khusus, internet tidak memiliki sistem komputer pusat. Pesan yang dikirim memiliki kode khusus yang akan memudahkan server internet untuk melakukan pengiriman sesuai tujuannya.

Internet atau international network merupakan rangkaian jaringan terbesar di dunia di mana semua jaringan yang berada pada semua organisasi dihubungkan dengan suatu jaringan terbesar sehingga dapat saling berkomunikasi. Dalam Jaringan tersebut mungkin melibatkan LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia.
pengertian dan definisi internet

Untuk dapat menggunakan layanan internet, organisasi atau perusahaan harus terhubung dengan jaringan internet atau dengan menjadi pelanggan ISP (Internet service Provider). ISP adalah organisasi komersial yang bergerak dalam penyediaan jasa akses internet.

TCP/ID

Pada dsarnya, komputer komputer terhubunga jaringan merupakan komputer beragam, baik jenis dari pabriknya maupun sistem operasi yang menjalankannya. Untuk itu diperlukan sebuah bahasa standar untuk dapat digunakan komputer tersebut saling berkomunikasi. Bhasa dapat berupa protokol TCP/IP (Transmision, Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan untuk berkomunikasi. TCP/IP dapat terdiri dari lima lapisan (Layer) yang dapat dihubungkan dengan arsitektur OSI (Open System Interconnection).

TCP merupakan protocol yang berada pada layer transprot yang menyediakan layanan terhadap komputer komputer yang terhubung. Layanan yang pertama dikenal dengan connection oriented, yaitu melakukan pembentukan koneksi antar dua aplikasi yang akan berkomunikasi menggunakan TCP. Layanan kedua disebut dengan reliable, yaitu mendeteksi ada atau tidaknya kesalahan paket dan transmisi data. Sedangkan layanan yang terakhir adalah byte stream service, yaitu memastikan bahwa paket yang dikirim telah sampai kepada komputer tujuan. IP akan mengolah data yang berasal dari data layer dan kemudian membungkus pengiriman data dalam paket dengan alamat pengirim dan tujuannya.

Komputer2 tersebut harus memiliki identitas IP agar mampu mengenali komputer tersebut. Identitas ini dikenal dengan IP address atau alamat IP yang berupa empat bagian. Masing-masing bagian terdiri dari 8 bit artinya nilainya berupa angka 0-255. Bagian-bagian tersebut dipisahkan dengan tanda titik. Contohnya, 192.168.1.1.

DNS
DNS (Domain Name Server) Merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya DNS, pengguna internet tidak lagi disusahkan untuk mengingat alamat IP. Pengguna Internet pasti lebih mudah mengingat daripada mengingat alamat IP, misal  202.67.46.212 merupakan alamat IP google, kita dengan mudah hanya mengetik google.com. Untuk melihat alamat IP berapa bisa menggunakan CMD pada windows dengan mengetikan ping google.com, maka akan keluar alamat IP google. Sehingga dapat kita definisikan DNS adalah sebuah layanan di Internet yang menerjemahkan dari sebuah domain ke alamat IP. DNS akan memetakan nama host menjadi alamat IP. DNS sangat mudah digunakan karena pengguna tidak lagi repot untuk mengingat alamat IP pada komputer, tetapi cukup mengingat nama domainnya saja.

source: Buku Informasi dan Konsep & Aplikasi
Karya: Agus Mulyanto

0 komentar

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan tema pada artikel. Komentar yang bersifat promosi akan kami hapus dan komentar tidak akan tampil. Jika ingin copas, wajib cantumkan live link sumber dari kami.

Thanks